Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

DIY Terus Akselerasi Vaksinasi Wisata

Yogyakarta (12/10/2021) jogjaprov.go.id – Vaksinasi bagi pelaku wisata ekonomi kreatif kembali digelar pada Selasa (12/10) di Grand Puri Water Park, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Kegiatan ini merupakan bagian dari vaksin wisata series ke-39 yang bertujuan untuk akselerasi vaksinasi dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata DIY, melaporkan kegiatan vaksinasi tersebut pada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Uno secara virtual, “Pada pagi hari ini saya menyampaikan laporan secara langsung kegiatan vaksinasi atau kita branding dengan vaksin wisata yang kali ini berada di Grand Puri Water Park. Ini mengambil dosis kedua dengan sasaran sekitar 1.000 pelaku pariwisata ekonomi kreatif, keluarga, dan masyarakat sekitarnya.”

Kegiatan vaksinasi ini mentargetkan penerima vaksin hingga lebih dari 29.000 orang yang tidak hanya diperuntukkan bagi pelaku wisata, tetapi juga keluarga dan masyarakat sekitar destinasi wisata. Singgih menyampaikan vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk mempercepat, memperluas, dan mengakselerasi pencapaian herd immunity. Dengan demikian, diharapkan proses pembukaan kembali tempat wisata dapat segera terlaksana.

Singgih menyebutkan bahwa kegiatan vaksinasi kali ini memiliki daya tarik tersendiri di mana masyarakat dapat mengikuti kegiatan vaksinasi sekaligus berekreasi. Ia juga berharap agar kolaborasi dengan Kementerian Parekraf dapat diperluas untuk menjangkau desa-desa wisata di DIY yang sulit terjangkau karena adanya kendala di sisi jarak. “Mohon dukungannya untuk kolaborasi Kementerian Pariwisata untuk mewujudkan itu, dengan datang langsung ke desa-desa wisata untuk melakukan vaksinasi. Mungkin jumlahnya tidak besar tapi akan kemudian bisa melengkapi apa yang selama ini sudah kita lakukan,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY tersebut juga menyampaikan harapannya, ”Dengan semangat bersama menegakkan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi ini merupakan gerakan untuk menuju pariwisata yang sehat. Pariwisata yang akan dikunjungi oleh banyak wisatawan domestik dan mancanegara di kemudian hari, yang tentu kita berharap di Jogja akan semakin lebih baik.”

Selanjutnya, Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno memberikan dukungan serta menyebutkan bahwa kegiatan vaksinasi di Indonesia semakin meningkat dan antusias masyarakat semakin tinggi. Ia mengatakan bahwa dari capaian masyarakat yang telah divaksin, Indonesia telah meraih urutan ke-5 sedunia.

“Tanggal 11 Oktober kemarin, lebih dari 100 juta peserta yang sudah divaksin di Indonesia, dan negara kita menjadi nomor ke-5 di dunia dengan jumlah masyarakat yang sudah hampir memenuhi target vaksinasinya,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Sandi mengungkapkan bahwa Kementerian Parekraf memiliki target 600 ribu peserta untuk kegiatan vaksinasi. Target tersebut sudah tercapai 500 ribu peserta yang tersebar di 67 lokasi di berbagai daerah. Ia berpesan untuk tetap menyiapkan platform PeduliLindungi pada setiap obyek wisata yang telah dan akan dibuka.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Yuli Herwanta meminta agar beberapa obyek wisata di Bantul dan daerah-daerah lain di wilayah DIY segera dibuka. Sandi berupaya akan segera mengatur uji coba untuk pembukaan beberapa obyek wisata di DIY dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Yogyakarta harus bersiap-siap karena sebentar lagi, mudah-mudahan dengan semakin terkendalinya pandemi ini, pariwisata dapat dibuka secara bertahap dan bandara YIA juga dapat dibuka untuk mancanegara. Kita akan segera mengatur uji coba untuk pembukaan beberapa pariwisata di Jogja, salah satunya Grand Puri Water Park ini. Tetap hati-hati dan wajib menjaga prokes,” tutupnya. (sf/fm)

Sumber : Humas Pemda DIY


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020