Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

Pemda DIY Terus Genjot Program Vaksinasi Massal

Bantul (06/10/2021) jogjaprov.go.id – Pemerintah Daerah DIY melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY kembali menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 massal. Vaksinasi yang digelar Rabu (06/10) pagi di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul. Agenda dibuka Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji dengan didampingi Kepala DLHK DIY, Kuncoro Cahyo Aji.

Pada sambutannya, Aji mengatakan bahwa kesuksesan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 DIY perlu didukung dengan partisipasi masyarakat. Aji berharap agar capaian persentase vaksinasi di DIY yang saat ini berada pada peringkat ke-4 di Indonesia, dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan untuk bisa lebih baik.

Sebelumnya, Aji mengatakan bahwa capaian persentase vaksinasi dosis pertama DIY telah mencapai angka 80% per Selasa (05/10). “Dari sisi cakupan vaksinasi DIY juga tergolong tinggi, sudah lebih dari 83 persen untuk vaksinasi dosis pertama dan 50 persen untuk dosis kedua. Begitupun juga vaksinasi lanjut usia sudah di atas 60 persen,” ujarnya menuturkan, Selasa (05/10) siang.

Meski demikian, pemerintah pusat belum menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DIY dari Level 3. DIY akan tetap menyandang status sama untuk level PPKM pada masa perpanjangan PPKM 5-18 Oktober mendatang.

Aji mengaku melihat indikator penanganan Covid-19 di daerahnya dalam tren yang terus baik. Mulai dari jumlah kasus positif dan angka kematian harian yang terus mengalami penurunan, jumlah kesembuhan tinggi, sampai tingkat keterisian tempat tidur juga hanya sekitar 15%. Di sisi lain, pada hari yang sama, positivity rate DIY berada pada angka 0,64%. Jumlah kasus aktif terus menurun, saat ini tercatat pada angka 1.182 orang.

Sementara itu, Kepala DLHK DIY mengatakan bahwa target partisipan pada kesempatan tersebut berjumlah sebanyak 530 orang. “Vaksinasi dapat diikuti oleh masyarakat umum, pelaksanaannya satu hari saja. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kesatuan Pengelola Hutan (KPH), Pemkab Bantul, Puskesmas Dlingo 2, dan para pengelola destinasi wisata setempat,” ujarnya.

Ia berharap, nantinya kegiatan ini akan dapat dilaksankan secara berkesinambungan demi terwujudnya kekebalan komunitas sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di masa yang akan datang. Adapun DLHK DIY sebelumnya juga telah menyelenggarakan beberapa kali vaksinasi Covid-19 massal yang dilakukan bersamaan dengan penanaman pohon di wilayah DIY, diantaranya Kawasan Tahura Bunder (Gunungkidul) dan Kawasan Desa Wisata Sriharjo (Bantul). [vin]

 

HUMAS DIY

( artikel juga dimuat pada laman web jogjaprov.go.id/berita )


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020