Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

Gusti Putri Tinjau Vaksinasi Disabilitas Drive-Thru di DIY

Yogyakarta (08/09/2021) jogjaprov.go.id – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DIY bekerjasama dengan Padmanaba, KATY, Sonjo (Sambatan Jogja), dan FK-KMK (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan) UGM menggelar program vaksinasi bagi peserta disabilitas dan umum secara drive-thru. Kegiatan yang dimulai pada Rabu (08/09) ini dilaksanakan serentak di tiga lokasi yaitu di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Jogja Expo Center (JEC), dan Godean.

GKBRAy A. Paku Alam, Wakil Ketua Dewan Pembina PKK DIY, ditemui saat kegiatan vaksinasi di GSP UGM menyatakan bahwa program ini telah berjalan dengan lancar. Menurut Sekretaris TP-PKK DIY, Anggi Bambang, kegiatan vaksinasi tersebut akan berlangsung hingga Sabtu (11/09). Hari pertama vaksinasi di GSP UGM ditargetkan dapat mencapai 300 orang, sedangkan total sasaran vaksinasi selama 4 hari yaitu sebanyak 2500 orang.

Monggo para penyandang disabilitas, kita sama-sama membantu pemerintah dan membantu mengzonahijaukan Yogyakarta. Monggo kita sama-sama melaksanakan vaksinasi untuk meningkatkan imun kita sendiri dan untuk lingkungan kita biar menjadi zona hijau,” ajak Gusti Putri.

Sukamto, Duta Vaksin DIY Staf Khusus Presiden, menyatakan, “Saya sangat senang dengan gerakan ini yang telah banyak membantu teman-teman disabilitas sehingga teman-teman disabilitas bisa terfasilitasi.” Bagi peserta disabilitas yang tidak dapat datang secara langsung, maka akan dijemput di rumah untuk kemudian divaksin di lokasi. Sementara itu, peserta disabilitas yang tidak bisa turun dari mobil akan dilakukan vaksinasi secara drive-thru. Untuk hari pertama, vaksinasi di tiga lokasi telah mencapai 800 peserta disabilitas. Menurut Sukamto, program vaksinasi tersebut ditargetkan dapat menjangkau 3000 peserta disabilitas.

Pada kesempatan yang sama, Dr. dr. Hera Nirwati, M.Kes, Sp. MK Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan SDM FK-KMK UGM menyebutkan bahwa vaksinasi tersebut tidak hanya diberikan bagi peserta disabilitas, tetapi juga keluarga pendamping. “Vaksinasi ini tidak hanya diberikan kepada peserta tetapi juga pendamping dan keluarga. Jadi mereka yang datang bersama akan kami lakukan vaksinasi kalau mereka belum mendapatkan vaksinasi,” terangnya. (sf)

Humas Pemda DIY  

(artikel juga dimuat pada laman web jogjaprov.go.id/berita )


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020