Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

Staf Khusus Presiden Pantau Vaksinasi Bagi Disabilitas di DIY

YOGYAKARTA (08/09/2021)jogjaprov.go.id - Pemda DIY telah melakukan vaksinasi kepada warga DIY yang berkebutuhan khusus (disabilitas) dan sampai pada tanggal 6 September 20201, vaksin dosis l disabilitas telah mencapai 4.466 sasaran dan dosis II sebanyak 403 sasaran.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembayun Setyaningastutie, M.Kes, dalam rapat koordinasi bersama Wakil Gubernur DIY Paku Alam X dengan Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia melalui video conference. Rapat ini juga dihadiri oleh Asekda Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Sumadi, S.H., dan Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DIY, Budi, pada Rabu (08/09) di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Wakil Gubernur DIY mengatakan bahwa Pemerintah DIY dalam melaksanakan vaksinasi bagi warga masyarakat DIY yang berkebutuhan khusus melalui OPD terkait (Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan) bekerjasama dengan komunitas-komunitas yang ada di DIY. Termasuk di dalamnya Kelompok PKK di Kabupaten/Kota se-DIY.

Lebih lanjut, KGPAA Paku Alam X mengatakan bahwa dalam pelaksanaan vaksinasi Sinopharm bagi warga masyarakat DIY yang berkebutuhan khusus bukan tidak mendapatkan kesulitan di lapangan. Petugas mendapatkan banyak kesulitan karena warga yang berkebutuhan khusus kesulitan dalam menuju lokasi vaksin, kesulitan dalam berkomunikasi dan lain-lain. Sehingga petugas harus menjemput ataupun mendatangi rumah masing-masing (door to door) atau komunitas-komunitas tersebut menyediakan kendaraan bagi disabilitas secara gratis menuju lokasi vaksin.

Adapun total masyarakat penyandang disabilitas yang sudah divaksin seluruhnya ada 6.732 orang. Untuk pemanfaat sinopharm sendiri, tandas Pembayoen, sebelumnya menggunakan vaksin bukan sinopharm. Tetapi dengan vaksin sinopharm, baru mencapai 4.317 sasaran untuk dosis I. Sedangkan target pada tanggal 2 Oktober 2021 nanti seluruh disabilitas di DIY tervaksin dan vaksin sinopharm di DIY habis.

Sementara itu staf khusus presiden Angkie Yudistia menyampaikan bahwa capaian vaksinasi bagi anggota masyarakat yang berkebutuhan khusus DIY jika dibandingkan dengan Provinsi se-Jawa dan Bali, DIY baru mencapai 3.611 sasaran dari 11.225 sasaran atau  mencapai 32,2 %. Sementara untuk Banten sudah 66,4%, Jabar 63,2% dan Jateng 61,1% sampai per 4 September 2021.(krn)

HUMAS DIY


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020