Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

Wakil Gubernur Paku Alam X Serahkan APD Bagi Hotel Penyelenggara Isoman

YOGYAKARTA (03/09/2021)  – Keberhasilan penanggulangan Pandemi Covid-19 bukan saja oleh Pemerintah tetapi harus adanya kerjasama Pemerintah, Dunia usaha/Industri bersama-sama dengan masyarakat.

Penegasan demikian disampaikan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X ketika menyerahkan bantuan APD bagi Hotel penyelenggara Isolasi Mandiri (Isoman) di DIY siang tadi (Jum’at, 03/09) di Kantor Wakil Gubernur DIY Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo SH bahwa tujuannya untuk mendukung memfasilitasi penyelengaraan operasional  perhotelan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pemerintah pun," lanjut Singgih,  “sangat mengapresiasi kepada pengelola Hotel dan mengucapkan terima kasih. Selain ucapan juga kami wujudkan dalam bentuk  bantuan APD yang berjumlah 16 item (antara lain  Tabung Oksigen, Masker, Hand Sanitizer dan sebagainya) sementara kepada 13 Hotel." Bantuan 16 jenis/item APD tersebut telah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh hotel penyelenggara isoman, karena ini telah sesuai dengan komunikasi Dinas Pariwisata dengan pihak hotel.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Perhotelan PHRI Hariadi mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah DIY  dalam hal ini Dinas Pariwisata DIY yang telah memberikan bantuan. “Bantuan Alat Kesehatan (APD) kepada Pengelola Hotel di DIY  dan bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami," tegas Hariadi.  Karena menurut Hariadi penyelenggaraan isoman ini sangat membutuhkan biaya yang tidak sedikit terutama pengadaan APD, apalagi setiap beraktivitas harus selalu memakai masker. Bahkan petugas  yang melayani isoman  4 jam sekali harus mengganti masker.

Harapan dari PHRI dalam kondisi seperti ini semua pihak harus bekerjasama, “Kita bersama bergotongroyong bukan hanya Pemerintah dan juga  pengusaha/industri. Kami berharap masyarakat pun bersama-sama."

"Ayo Yogyakarta kita bangun Yogyakarta ini jadi hijau  sebagaimana harapan Bapak Wakil Gubernur DIY menjadi level 3 bahkan level 2 “, ajak Hariadi

Disinggung berapa kamar Hotel  anggota PHRI Penyelenggara Isoman di Yogyakarta, Hariadi menambah bahwa sangat bervariasi hotel yang menyediakan kamar, contohnya di Ibis ada 100 kamar, ada yang 300 kamar, bahkan USI UGM menyediakan 300 kamar.

Di bagian lain Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo mengharapankan  isolasi mandiri  di hotel ini menjadi  pilihan bagi masyarakat, mengingat isolaasi mandiri yang baik harus memiliki standar-standar tertentu dan hotel  penyelenggara isoman telah melalui verifikasi  dari Dinas Pariwisata dan melalui Asosiasi PHRI. Sehingga ia berharap akhirnya dengan gotong-royong semacam ini  sinergi antara Pemerintah, Asosiasi Pengusaha dan Industri  serta masyarakat menciptakan  Jogja lebih baik.  Sehingga Jogja aman dikunjungi  oleh para wisatawan dan kondisi masyarakat  semakin membaik kembali.

Penyerahan APD kepala kepada Hotel Penyelenggara Isoman secara langsung diserahkan Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X satu per satu kepada pengelola hotel disaksikan Kepala Dinas Pariwisata serta tamu undangan. (krn)

Humas Pemda DIY

HUMAS DIY


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020