Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

Bentuk Apresiasi, Sri Sultan Tinjau Vaksinasi Massal Gelaran Stakeholder

Bantul (01/09/2021) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau program vaksinasi Covid-19 yang disenggarakan secara massal di Grha Pradipta (JEC), Bantul, Rabu (01/09) siang. Agenda vaksinasi yang diselenggarakan oleh tiket.com dengan target sasaran 30.000 orang ini digelar selama 7 hari sejak Rabu (01/09) hingga Selasa (07/09) pukul 08.00-16.00 WIB. 

Program vaksinasi ini diperuntukkan bagi masyarakat umum penerima dosis pertama, tanpa persyaratan domisili, golongan mulai dari usia lebih dari 12 tahun dan golongan pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif. Pendaftaran peserta vaksinasi pun sudah dapat dilakukan melalui fitur tiket TO DO yang tersedia dalam aplikasi dari tanggal 26 Agustus 2021. 

Selain Gubernur DIY, turut hadir pada kesempatan tersebut yakni Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo, Kepala Balai Pelatihan Kesehatan DIY Sugiharto, Danrem 072/Pamungkas Kolonel Infanteri Afianto, Direktur BOB Indah Juanita, Wakil Ketua I TP-PKK GKBRAy. A. Paku Alam, serta Co-Founder & Chief Commercial Officer tiket.com Dimas Surya.

Dalam sambutannya, Dimas Surya mengatakan jika sentra vaksinasi tiket.com merupakan agenda prioritas tiket.com di tahun 2021. “Sesuai dengan tekad kami untuk menjadi yang pertama dalam memulihkan industri pariwisata Indonesia, maka kontribusi yang bermakna dari tiket.com adalah dengan membantu pemerataan akses vaksinasi bagi masyarakat. Tentu kami tidak lupa mengingatkan agar terus disiplin jalankan 5M protokol kesehatan walaupun sudah divaksin. Mari bersama-sama kalahkan virus ini dan kembali ke masa kejayaan pariwisata Indonesia,” ungkap Dimas.

 

Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait percepatan program vaksinasi di wilayah DIY agar segera tercapai kekebalan komunitas. “Pekerjaan rumah saat ini, ujar Sultan, bagaimana pemerintah di tingkat kabupaten/kota dapat menyusun strategi agar percepatan vaksinasi ini sesuai harapan. “Sekarang kebijakan untuk percepatan vaksinasi itu ada di pemerintah kabupaten/kota, bagaimana menghabiskan stok yang ada," ujar Sri Sultan, Kamis (19/08) silam di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. 

Sri Sultan beranggapan, semakin cepat strategi Kabupaten/Kota melaksanakan realisasi vaksinasi, semakin cepat pula target penyelesaian vaksinasi di DIY akan tercapai. Jika target 80 persen warga dapat tervaksinasi pada September tak meleset, Sri Sultan mengatakan penuntasan vaksinasi Covid-19 mencapai angka 100 persen diperkirakan bisa selesai akhir Oktober atau awal November 2021.

 

Humas DIY

(artikel juga dimuat pada laman web jogjaprov.go.id/berita )


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020