Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

Kadipaten Pakualaman Gelar PAKSIN Dosis 2

Yogyakarta (01/09/2021) jogjaprov.go.id – Kadipaten Pakualaman bekerjasama dengan TNI dan Puskesmas Pakualaman serta dibantu para sukarelawan, menggelar PAKSIN (Pakualaman Vaksin Sehat Indonesia) dosis 2 bagi masyarakat umum dan khususnya masyarakat di sekitar Pakualaman, untuk usia 12 tahun keatas. Acara digelar di Puro Pakualaman, Yogyakarta, pada Rabu dan Kamis  (01-02/09).

Pembukaan Pelaksanaan PAKSIN di Puro Pakualaman dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK DIY, GKBRAy A. Paku Alam X, Ketua Panitia Program PAKSIN Bendara Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kunto Nugroho, Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman Cahya Wijayanta, dan Kepala Puskesmas Pakualaman Yogyakarta Nieke Indrawati serta pejabat yang terkait.

BPH Kusumo Kunto Nugroho dalam sambutannya, menyampikan informasi bahwa PAKSIN merupakan acara percepatan vaksinasi untuk masyarakat umum di lingkungan Kadipaten/Kecamatan Pakualaman. Acara ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi yang pertama, yang telah dilaksanakan pada 28, 29, dan 30 Juli 2021. Dengan jumlah peserta vaksin pada (28-29/07) sebanyak 500 peserta per hari dan seribu orang di hari ke-3 (30/07).

BPH Kusumo Kunto Nugroho menjelaskan, acara pemberian vaksin dosis 2 pada hari ini diselenggarakan sebagai jawaban atas acara yang sudah dilakukan sebelumnya. “Sehingga, pemberian vaksin dosis 2 ini pesertanya hanya terdiri dari peserta vaksin yang pertama. Acara ini diselenggarakan 2 hari, yakni 1-2 September 2021 dengan jumlah peserta seribu orang per hari,” jelas BPH Kusumo Kunto Nugroho.

“Harapannya, dengan adanya percepatan vaksin ini  masyarakat menjadi tergerak. Bagi yang belum dan masih takut untuk vaksin, jadi tergerak untuk memvaksinkan diri dan merekomendasi vaksin untuk orang-orang terdekat,” imbuhnya.

“Semoga ini menjadi motivasi kita semua, untuk segera mendukung percepatan vaksinasi untuk seluruh lapisan masyarakat di Yogyakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar, berkah dan manfaat bagi para tamu undangan dan kita semua,” tutupnya.

Adapun Gusti Putri, sapaan  GKBRAy A. Paku Alam X, mengungkapkan, bahwa pihaknya bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dari Kabupaten/Kota di DIY selalu mendorong para perempuan di DIY agar mau melakukan vaksinasi. “Marilah masyarakat di Yogyakarta, terutama ibu-ibu di Yogyakarta, marilah kita bervaksin. Karena vaksin untuk menyehatkan kita dan meningkatkan imun kita. Jangan takut untuk vaksin,” pesan Gusti Putri saat meninjau peserta vaksin.

Ditemui di acara yang sama, Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman Cahya Wijayanta,  mengucapkan terimakasih kepada Kadipaten Pakualaman dan panitia pelaksanaan PAKSIN yang sudah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan vaksin. Ia berharap, agar kedepan kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali sehingga target vaksin 100 % di Wilayah Pakualaman dapat dicapai pada akhir tahun ini serta dapat membantu akselerasi tercapainya herd imunnity 70-80%.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pakualaman Nieke Indrawati, menambahkan untuk target vaksin ibu hamil di wilayah Pakualaman telah mencapai 80% dari jumlah ibu hamil yang ada di wilayahnya.

Tasya, mahasiswi, warga Pakualaman, sekaligus peserta vaksinasi menyerukan ajakan vaksinasi bagi masyarakat khususnya di Wilayah Pakualaman “Saya Tasya, hari ini saya mengikuti vaksin di Puro Pakualaman untuk dosis ke-2, alhamdulillah semua berjalan lancar, vaksinnya juga nggak lama, buat temen-temen yang belum vaksin segera vaksin ya” ajaknya. (fk)

 

HUMAS DIY

(artikel juga dimuat pada laman web jogjaprov.go.id/berita )


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020