Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

Gelaran Vaksinasi Bagi Awak Angkutan Umum

 

Yogyakarta (31/08/2021) jogjaprov.go.id – Dinas Perhubungan (Dishub) DIY bekerjasama dengan PT. Jasa Raharja DIY, Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY, dan RSPAU dr. S. Hardjolukito menggelar kegiatan vaksinasi bagi awak angkutan umum pada Selasa (31/08). Kegiatan yang diadakan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta ini diikuti oleh kurang lebih 600 peserta.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Keistimewaan DIY. “Pada hari ini, Selasa tanggal 31 Agustus 2021, yang bertepatan dengan Hari Keistimewaan DIY, kebetulan kita merayakan yang ke-9 Hari Keistimewaan. Bertepatan dengan vaksinasi kedua untuk kru angkutan umum yang ada di Yogyakarta,” ungkap Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membantu memenuhi herd immunity masyarakat sehingga aktivitas ekonomi bisa pulih kembali berjalan seperti awal,” jelas Made. Vaksinasi ini akan berlangsung dalam dua tahap dengan menargetkan 1000 peserta awak angkutan umum. Made menyebutkan bahwa tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan September.

Kepala Bagian Operasional PT. Jasa Raharja, Sofyan Adi Nugroho, menyampaikan harapannya agar ekonomi bisa segera pulih dengan percepatan vaksinasi ini. “Kami berharap dengan adanya vaksin kedua ini, masyarakat (akan) tumbuh, akan bisa normal kembali. Perekonomian Yogyakarta bisa pulih kembali, dengan harapan bahwa Yogyakarta akan sehat selalu,” tuturnya. Ia juga berharap nantinya semua akan bisa terus bersinergi bersama meskipun pandemi telah usai.

V. Hantoro, Ketua DPD Organda DIY menyatakan rasa terimakasihnya pada Pemda DIY serta Dishub DIY, PT. Jasa Raharja DIY, dan RSPAU dr. S. Hardjolukito yang telah memfasilitasi anggota awak angkutan umum untuk memperoleh vaksinasi. Ia berharap dengan vaksinasi ini ekonomi di DIY bisa bangkit kembali. “Semoga bermanfaat bagi anggota kami semua dan mereka bisa berkarya lagi untuk menggerakkan kendaraannya, menggerakkan ekonomi yang ada di DIY,” terangnya.

Menurut Hantoro, dalam kegiatan vaksinasi ini sebanyak 50% awak angkutan umum telah memperoleh vaksinasi tahap kedua. Selebihnya telah mengikuti kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh penyelenggara lain. Hingga saat ini sebanyak 99% awak angkutan umum di DIY telah memperoleh vaksinasi. Ia berharap herd immunity bagi awak angkutan umum segera tercapai. (sf)

Humas Pemda DIY

(artikel juga dimuat pada laman web jogjaprov.go.id/berita )


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020