Pantau Perkembangan COVID-19 di Yogyakarta

 

Yogyakarta (09/11/2021) jogjaprov.go.id – Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada pendukung tenaga kesehatan dan tenaga penunjang layanan Covid-19, Pemerintah DIY bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DIY menyelenggarakan vaksin massal dosis III.

Pagi ini, Selasa (30/11), Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X meninjau pelaksanaan  vaksin massal dosis III bagi pendukung tenaga kesehatan dan tenaga penunjang layanan Covid-19 di beberapa titik lokasi diantaranya; di Kantor PMI DIY,  Gedung Grha Wana Bhakti Yasa, Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

Titik pertama lokasi vaksin yang dikunjungi adalah Gedung Grha Wana Bhakti Yasa di Jalan Kenari. Wakil Gubernur DIY memantau secara langsung kesiapan petugas vaksin dan alat, juga peserta vaksin. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPBD DIY. Vaksin dosis III ini diberikan kepada seluruh relawan yang menangani berbagai kegiatan baik dari relawan BPBD maupun relawan yang ada di tiap-tiap komunitas di masyarakat.

Target tercapai pada hari pertama (29/11) adalah sebanyak 680 dosis. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana. Ia juga menjelaskan, jumlah peserta yang sudah mendaftar hingga hari ini adalah sebanyak 4.152 orang. Ia berharap terus akan ada penambahan peserta sampai dengan besok (01/12).

Dijelaskan olehnya, vaksin booster ini merupakan bentuk dukungan kepada mereka para relawan sebagai garda terdepan dalam pelayanan, sebagai antisipasi menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, Natal dan tahun baru, serta liburan. “Kita harapkan dengan dukungan ini mereka bisa memberikan kontribusi maksimal dalam pelayanan,” kata Biwara.

Usai meninjau vaksin massal di Gedung Grha Wana Bhakti Yasa, pantauan kemudian dilanjutkan ke Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dan Kantor PMI DIY. Di Kantor PMI DIY, Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka, diterima langsung oleh Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo.

Pada kesempatan ini, Sri Paduka sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid–19 DIY mengucapkan terima kasih kepada GBPH Prabukusumo dan rekan-rekan relawan atas terselenggaranya vaksin massal dosis III ini.

Kepada GBPH Prabukusumo, Sri Paduka  berharap akan adanya penambahan jumlah peserta yang divaksin. Sri Paduka berharap agar vaksin booster ini mampu mengcover semua tenaga relawan sebagai garda terdepan. “Hal ini perlu dilakukan agar mereka sebagai garda terdepan bisa lebih siap, tentunya dalam rangka menghadapi Natal dan tahun baru serta kejadian-kejadian ekstrim akibat perubahan iklim. Ini harus kita apresiasi,” himbau Sri Paduka.

Adapun Gusti Prabukusumo menyampaikan bahwa vaksin booster ini  sangat dibutuhkan sekali sebagai perlindungan atau safety bagi para relawan karena mereka sangat rentan. “Jadi dengan vaksin booster ini jadi lebih meningkatkan imunitas seseorang khususnya relawan dalam bertugas,” tutur Gusti Prabukusumo.

Gusti Prabukusumo  menyampaikan bahwa pihak PMI berusaha hari ini juga untuk menambah jumlah peserta yang divaksin. “InsyaAllah besok pagi kalau nanti diberi tambahan seperti arahan dari Kanjeng Gusti. Ini kita langsung buka lagi besok pagi, semua relawan (relawan apa saja) untuk masyarakat DIY,” ungkap Gusti Prabukusumo. Gusti Prabukusumo juga berharap nantinya vaksin booster ini juga bisa diberikan kepada semua relawan dan pengurus serta keluarga di kalangan PMI.(fk)

 

Sumber : HUMAS PEMDA DIY


DIY menyelenggarakan vaksinasi dosis III bagi para pendukung tenaga kesehatan yang berperan aktif pada penanganan Covid-19, Senin (29/11) di Gedung Grha Wana Bhakti Yasa, Yogyakarta. Lebih dari 4000 orang akan mendapatkan suntikan dosis III dalam kurun waktu 3 hari, mulai (29/11) hingga (01/12) mendatang.

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X meninjau langsung pemberian vaksin dosis III tersebut guna memastikan kelancaran vaksinasi. Wagub DIY yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid–19 DIY ini saat berkeliling ke titik-titik tahapan vaksinasi selalu menekankan untuk baik vaksinator maupun penerima vaksin agar selalu disiplin prokes.

Menurut Sri Paduka, meskipun sudah mendapatkan booster vaksinasi, namun tidak akan berguna apabila abai dan tidak melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Oleh karenanya, Sri Paduka berharap dengan diberikan dosis ke III ini para pendukung tenaga kesehatan ini lebih kuat dan lebih mawas diri untuk bisa menjaga kesehatan dengan baik, sehingga pemberian booster ini tidak sia-sia.

Komandan SAR DIY, Broto Seno menjelaskan, dosis ke-III ini diikuti oleh relawan-relawan pendukung tenaga kesehatan seperti Tim Kubur Cepat yang bertugas mengebumikan jenazah pasien Covid-19. Untuk itu, guna mendukung penanganan Covid–19 ini, relawan pendukung tenaga kesehatan ini perlu mendapatkan vaksinasi dosis III karena bersentuhan langsung dengan mereka yang terpapar.

Sumber : Humas Jogja


© Official website Pemerintah Daerah DIY. 2020